Wajib Baca, Penejelasan Surat Yasin


Selain Al Fatihah, Surat Yaasin adalah surat yang  paling banyak dibaca oleh masyarakat muslim Indonesia. Dapat dipastikan bahwa buku kecil “Surat Yaasin dan Terjemahannya” adalah buku yang paling banyak dicetak   di Indonesia dan tersebar luas di perkotaan maupun pedesaan. Sebagian masyarakat kita mengamalkan Surat Yaasin dengan dibaca secaraberjemaah, khususnya dalam tahlilan (Uniknya kebiasaan membaca Surat Yaasiin secara berjamaah justru jarang ditemui di Timur Tengah).

Mungkin seumur hidup, kita telah ratusan kali membaca Surat Yasiin (bahkan ada yang sudah hafal di luar kepala), karena seringnya surat ini dibaca dalam berbagai kesempatan : Tahlilan, malam Jum’atan, menjenguk orang sakit, melawat orang yang meninggal (takziyah), ziarah kubur, membuka dan menutup majelis ta’lim, atau acara-acara lain yang dianggap penting. Tapi tahukah kita makna yang terkandung dari Surat yang “istimewa” ini ?

Dalam Kitab Suci Al Qur’an, Surat Yaasin merupakan surat ke-36 (dari 114 surat di Al Qur’an). Susunan penempatan Surat Yaasin dalam Al Qur’an berada di antara Surat ke-35 Faathiir (Pencipta) dan surat ke-37 Ash-Shaffaat (Yang bershaf-shaf).
Yaasin termasuk kelompok “surat-surat Makkiyah” karena diturunkan di Mekkah, dan diwahyukan sesudah surat Al Jiin. Surat Yaasin terdiri dari 83 ayat. Ayat 1–21 termasuk dalam Juz ke-21, sementara 22–83 masuk ke dalam Juz ke-22. Dari jumlah ayatnya, Surat Yaa Siin termasuk kelompok Surat yang sedang jumlah ayatnya (antara 50 – 100 ayat).


Dinamakan “Yaasin” karena dimulai dengan huruf  Yaasin”, yang arti katanya tidak pernah diterangkan oleh Allah maupun Rasulullah. Wallahu a'lam bishshawab. Hanya Allah yang mengetahuinya artinya (3 surat lain dalam Al Qur’an yang diberi nama sesuai huruf   di awal surat, seperti halnya Yaasin, adalah: Surat Thaahaa, Surat Shaad, dan Surat Qaaf)

Keutamaan Surat Yaasiin

Diriwayatkan oleh ath-Thabarani dari Abi Hurairah Ra dari Nabi SAW beliau bersabda, "Barang siapa membaca surat Yasin pada suatu malam karena mengharap ridlo Allah, maka Allah akan mengampuni dosanya, Maka bacalah surat Yasin untuk orang-orang mati diantara kalian." (Khazinatu al-Asror, hal 166)

Diriwayatkan oleh ath-Thabarani dan Ibnu Mardawaih dari Anas Ra dia Berkata Nabi SAW Bersabda, “Barang siapa membiasakan membaca Surah Yassin pada setiap malam kemudian ia meninggal dunia, maka ia mati syahid.” (Ad-Durru al-Mantsur, vol VII, hal 37)

Dari Abdullah bin Zubair dia berkata, Rasulullah SWT bersabda, “Barangsiapa yang membaca Surah Yassin ketika memiliki hajat maka akan terpenuhi.” (Khazinatu al-Asror, hal 167)

Rasulullah SAW Bersabda : "Sesunggunya segala sesuatu itu memeliki jantung (hati) dan jantungnya Al-Qur'an adalah surat Yasin, Barang siapa membacanya dengan berharap ridlah Allah, maka Allah akan mengampuninya dan memberi pahala seperti membaca Al-Qur'an sepuluh kali, Muslim manapun yang dibacakan surat Yasin ketika ia didatangi oleh malaikat maut, maka dari setiap huruf yang dibaca itu turulah sepuluh malaikat, Malaikat-malaikat itu berdiri dihadapannya berbaris-baris untuk menshalatinya dan memintakan ampun untuknya serta menyaksikan pemandiannya dan menshalatinya lalu menyaksikan penguburannya. Muslim mana pun yang membaca surat Yasin dalam keadaan sakaratul maut, maka malaikat maut tidak akan mencabut ruhnya sebelum didatangi malaikat ridlwan dengan membawa munum dari surga diatas tempat tidurnya. Lalu malaikat mencabut ruhnya dalam keadaan tidak haus. Ia datang dipadang mahsyar dalam keadaan tidak haus. Dan ia tidak butuh telaga-telaga milik para Nabi hingga ia masuk surga dalam keadaan tidak haus." (Khazinatu al-Asror, hal 167)

Dari Abu Bakar Ra dari Nabi SAW beliau bersabda, "Dalam taurat surat Yasin dinamakan al-Mu'ammah karena pembacanya akan diliputi kebaikan didunia dan di akhirat serta dijauhkan dari bala' yang ada didunia dan diakhirat disamping juga dijauhkan dari segala malapetaka akhirat. Surah Yasin dinamakan al-Mudafi'ah dan al-Qodliyah karena surat Yasin menyelamatkan pembacanya dengan segala kebutuhan. Maka barangsiapa membacanya akan mendapat pahala sama dengan pahala dua puluh kali haji. Sedangkan bagi orang yang mendengarkannya pahalanya sama dengan orang yang mengeluarkan uang seribu dinar untuk membiayai perang dijalan Allah. Dan bagi orang yang menulisnya lalu diminum, Maka sama halnya dengan menelan seribu obat, seribu cahaya, seribu keyakinan, seribu barakah, seribu rahmat, dan dicabut darinya segala belenggu dan penyakit." (Majma'u al-Bayan fi Tafsiri al-Qur'an, vol VII, hal 226)

Rasulullah SAW bersabda, "Sesunggunya Allah Ta'ala membaca surat Thaha dan Yasin seribu tahun sebelum menciptakan langit dan bumi, Ketika malaikat mendengar bacaan tersebut mereka, "Beruntung sekali umat yang diturunkan bacaan itu padanya, beruntung sekali orang menghafal bacaan tersebut, dan beruntung sekali lisan-lisan yang melafadzhkan bacaan itu." (Khazinatu al-Asror, hal 166)

Diriwayatkan oleh Ibnu Najjar dari Abu Bakar ash-Shiddiq Ra beliau berkata, Rasulullah SAW Bersabda, Barangsiapa ziarah ke makam kedua orang tuanya atau salah satu dari keduanya setiap jum'at dan membacakan surat Yasin, maka Allah akan mengampuninya sejumlah huruf surat itu." (ad-Durru al-Mantsur, vol VII, hal 40)

Diriwayatkan oleh ad-Dailami dari 'Ali bin Abi Thalib Ra sesunggunya dia berkata, Rasulullah SAW Bersabda, "Bacalah Yasin Karena didalamnya ada dua puluh barokah. Jika orang yang lapar membacanya, maka ia akan kenyang, Jika orang yang telanjang membacanya, maka ia akan diberi pakaian. Jika orang yang bujang membacanya, maka ia akan menikah. Jika orang yang ketakutan membacanya, maka ia akan diamankan, Jika orang terkekang membacanya, maka ia akan dibebaskan. jika orang yang berpergian membacanya, maka ia akan ditolong dalam berpegian. jika orang yang kehilangan barang kemudian menbacanya, maka ia akan menemukan barang itu. mayit tidak akan dibacakan surat itu kecuali dia akan diringankan siksanya. orang yang haus tidak akan membacanya kecuali dia akan lega. orang yang sakit tidak akan membacanya kecuali dia akan sembuh." (Khazinatu al-Asror, hal 167)


Diriwayatkan oleh ad-Darimi, Turmudzi, dan Baihaqi dari Anas Ra dia berkata, Nabi SAW Bersabda : "Sesunggunya segala sesuatu itu memeliki Jantung (Hati) dan Jantungnya Al-Qur'an adalah surat Yasin, Barang siapa membaca surat Yasin, maka sebab bacaan itu, Allah akan menulis untuknya pahala membaca Al-Qur'an Sepuluh Kali." (AD-Durru al-Mantsur, vol VII, hal 37)

Diriwayatkan oleh Bukhari dari Ibni Umar dari Nabi SAW sesunggunya beliau bersabda, "Barang siapa membaca surah Yasin di waktu malam, maka pagi harinya dia akan diampuni" (Khazinatu al-Asror, hal 167)

Barang siapa membacanya sebanyak 41 kali, pasti akan segera tercapai segala hajat dan cita-citanya.
Amalan cepat dapat jodoh lainnya adalah dengan membaca surat Yasin. Bacalah surat tersebut setelah melaksanakan shalat Isya sebanyak 41 kali. Setelah membaca surat tersebut, berdoalah kepada Allah agar dimudahkan jodohnya.

Barang Siapa Membacanya Sebanyak 21 Kali Pada Malam Jumaat, Lalu Berdoa Istighfar Untuk Kedua Ibu Bapanya, Niscaya Dosa Kedua Ibu Bapanya Akan Diampunkan Oleh Allah Swt.

Barang Siapa Membaca Sekali Ketika Membuka Warung Atau Toko, Niscaya Akan Maju Tokonya Itu Atas Izin Allah.

Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa membaca surat yasin di waktu pagi (Ba’da Subuh), maka akan dikabulkan kehendaknya.”

“Barang Siapa Membaca Surat Yasin Sekali Sehabis Sholat Jumat, Niscaya ia akan diselamatkan dari Siksa Azab Kubur”.

"Siapa Yang Membaca Surat (Yasin) Pada Malam Jum'at Diampuni Dosanya." Syaikh Al-Albani berkata: "Dhaif Jiddan (sangat lemah,-ter)" (Lihat: Dhaif al-Targhib wa al-Tarhib: no. 450).

Imam Ja’far Ash-Shadiq: “Sesungguhnya setiap sesuatu mempunyai hati, dan hati Al-Qur’an adalah Surah Yassin. Sesiapa yang membacanya sebelum tidur atau di siang hari sebelum keluar rumah, maka hari itu sampai ke petang, ia tergolong pada orang-orang yang terjaga dan dikurniakan rezeki. Sesiapa yang membaca di malam hari sebelum tidur, Allah mengutus 1,000 malaikat untuk menjaganya dari keburukan semua syaitan yang terkutuk dan dari setiap penyakit; jika ia meninggal pada hari itu, Allah akan memasukkannya ke syurga, 3,000 malaikat hadir untuk memandikannya, memohonkan ampunan untuknya, mengantarkan ke kuburnya sambil memohonkan ampunan untuknya; ketika ia dimasukkan ke liang lahatnya para malaikat itu beribadah kepada Allah di dalam liang lahatnya dan pahalanya dihadiahkan kepadanya, kuburnya diluaskan sejauh mata memandang, diselamatkan dari siksa kubur, dan dipancarkan ke dalam kuburnya cahaya dari langit sehingga Allah membangkitkannya dari kuburnya kelak.” (Kitab Tsawabul A’mal).

Belum ada Komentar untuk "Wajib Baca, Penejelasan Surat Yasin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel